Wednesday, December 2, 2009

BAB 6 Membuat Homepage Interaktif

A. Memprogram Web

1. Persiapan Software

Untuk membuat homepage dinamis atau interaktif sangatlah sederhana. Software yang di butuhkan seperti:

1. System Operasi,
2. Internet Information Services (IIS),
3. Microsoft Access
4. Microsoft FrontPage
5. Microsoft Internet Explorer
6. Komponen Open DataBase Connectivity


2. Persiapan Direktori Kerja

Seperti langkah awal pada saat kita akan membuat homepage sederhana, kita harus mendefisinikan tempat kerja dalam computer yang akan digunakan sebagai web server. Langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Aktifkan Windows Explorer dalam computer.
2. Buat sati direktori dalam drive C dengan nama SMUKU-INT
3. Buat subdirektori image, css, dan database dalam direktori SMUKU-INT.


3. Persiapan Skenario User Interface

Skenario from harus dibuat untuk memberikan gambaran apa yang akan dikerjakan. Terdapat dua form yang akan dibuat dengan fungsi sebagai form untuk memasukkan dan menampilkan data siswa dari database.

1. Input data siswa. Fungsi = untuk memasukkan data siswa dari homepage ke database. Field yang harus ada yaitu Nomor Induk, Nama, Tanggal Lahir Kelas, Jurusan dan Tahun Masuk.
2. Output data siswa. Fungsi = Untuk menampilkan data siswa yang terdapat dalam database ke dalam homepage.


4. Persiapan Komponen IIS.

Setelah dua file yang kita akan modifikasi dalam pemograman selesai dibuat, kita harus memersiapkan web server. Untuk menjadikan aebuah computer web server, dalam computer tersebut harus terinstal IIS. Web server yang akan digunakan adalah computer local tempat kita bekerja degan tambahan fasilitas IIS.

Cara pengaksesan IIS, yaitu :

1. Pilih tombol start-Control Panel
2. Pilih Administrative Tools pada jendela Control Panel lalu pilih Internet Information Services
3. Klik nama komputer lalu pilih Web Sites dan klik Default Web Site

Terdapat 2 cara menampilkan informasi homepage melalui IIS

a. Menggunakan port (hanya dapat digunakan pada IIS dalam Windows NT, Windows
2000, Windows 2003
Langkah pengaksesan port :

1. Klik kanan Web Sites, klik New Web Sites, pilih port
2. Gunakan port sembarang antara 2000-65500
3. Jangan menggunakan port 80
4. Pengaksesan dengan menggunakan port 8080
5. Stand alone computer-http://localhost:8080/namafile.htm
6. Intranet-http;//namakomputer:8080/namafile.htm
7. Internet-http://www.namadomain.com:8080/naamfile.htm


b. Pengaksesan menggunakan direktori virtual

1. Klik kanan Default Web Site, pilih New –Virtual Directory
2. Akan ditampilkan Virtual Directory Creation Wizard pertama. Tekan Next
3. Pada Virtual Directory Creation Wizard kedua untuk mengisi alias direktori, ketikkan SMUKU-INT. Lalu tekan Next
4. Akan ditampilkan wizard untuk memasukkan direktori yang akan digunakan. Tekan tombol Browse untuk masukkan C:\SMUKU-INT lalu tekan Next
5. Pada wizard yang menampilkan access permission, tekan Next
6. Tekan tombol Finish
7. Pada jendela Internet Information Services terlihat bahwa direktori virtual sudah berhasil dibuat
8. Pengaksesan dengan menggunakan direktori virtual SMUKU-INT:

-komputer local-http://localhost/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-intranet-http://namakomputer/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-internet-http://www.namadomain.com/SMUKU-INT/datasiswa.htm

5. Pemilihan Bahasa Pemrograman

Microsoft Active Server Pages (ASP) merupakan bahasa pemrograman yang secara otomatis disediakan oleh Microsoft jika kita menggunakan IIS dengan Windows, seperti Windows Server 2003, Windows XP, Windows NT, dan Windows 2000.

ASP merupakan suatu skrip yang ditambahkan pada halaman HTML untuk membuat web menjadi lebih menarik, dinamis, dan interaktif. Server side berarti proses pengerjaan skrip berlangsung di server bukan di browser atau client.Karena bersifat server side, maka untuk dapat dijalankan pada sebuah PC biasa yang berbasis Windows, PC tersebut perlu disimulasikan menjadi sebuah web server dengan menginstal Microsoft Personal Web Server (PWS) atau Microsoft Internet Information Services (IIS). Bahasa skrip standar yang digunakan ASP adalah Microsoft VBScript dan Microsoft Jscript. Jika tidak dinyatakan sendiri maka secara default skrip yang digunakan adalah Microsoft VBScript. Kamu dapat mengubah default tersebut dengan menambahkan perintah <%LANGUAGE=bahasa skrip%>

Alasan utama penggunaan bahasa pemrograman ASP:

1. Tersedia secara gratis
2. Struktur bahasanya mudah dipelajari
3. Mampu berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lain
4. Mempunyai respons request data dengan cepat
5. Untuk menggunakannya kita hanya tinggal meletakkan kode pemrograman pada halaman homepage yang akan kita program

Sebuah file ASP merupakan file text only yang di dalamnya berisi teks, tag HTML, dan skrip ASP. File ASP sebenarnya file HTML biasa yang ke dalamnya ditambahkan skrip ASP. Jika file HTML mempunyai eksistensi .htm atau .html maka jika sudah diberi skrip ASP tinggal diubah menjadi .asp. Untuk membedakan antara teks, tag HTML, dan skrip ASP digunakan suatu tanda disebut delimiter(suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag atau skrip) <%dan%>

a. Deklarasi Variabel

VBScript mempunyai beberapa pernyataan yang digunakan untuk pendeklarasian variable yaitu dim, private, dan public. Perbedaannya pada ruang lingkup yang digunakan. Jika menggunakan dim atau private maka variabelnya bersifat local, bila public variabelnya bersifat global.

b. Blok Kode ASP

ASP selalu diawali dengan blok <%dan dakhiri%>. Dalam kedua blok tersebut sintaks atau kode ASP dituliskan

c. Statement input

Sintaks 1- Request.Form()
Sintaks 2- Request.queryString(
url>)
Request.Form untuk mengambil nilai dari elemen-elemen form HTML, sedangkan Request.QueryString digunakan untuk mengambil nilai variabel HTTP query string ditandai dengan karakter tanda Tanya (?) dan biasanya terletak di belakang penulisan alamat URL

d. Statement Output

Digunakan untuk mengatur output yang akan dikirimkan ke browser. Metode yang digunakan metode write dan redirect.

e. Statement Logika
Sintaks logika untuk ASP sama dengan sintaks logika bahasa pemrograman Visual Basic.

f. Statement Looping

Sintaks looping untuk ASP juga sama dengan sintaks looping atau perulangan pada bahasa pemrograman Visual Basic

g. Operasi Pengaksesan Data

Sintaks pengaksesan data juga sama dengan Visual Basic

h. Cara Kerja ASP

Misalnya kita mengakses halaman ASP dari sebuah website http://www.namadomain.com/indeks.asp. halaman tersebut akan diload ke browser internet explorer dalam bentik HTML setelah terlebih dahulu web server menerjemahkan atau mengcompile semua kode yang terdapat dalam blok <%%> pada file indeks.asp. Semua kode ASP yang terdapat dalam file akan hilang dan diganti dengan value yang dikembalikan dari database


B. Memprogram DataBase Web Interaktif

1. Pembuatan Database

1. Aktifkan Microsoft Access. Buat database data siswa dan simpan dalam C:\SMUKU-INT\
2. Buat satu table dengan nama datasiswa dengan struktur isi table


2. Pembuatan Data Source Name (DSN)

1. Tekan tombol start-Control Panel-Performance and Maintenance AdministrativeTools-Data Source
2. Akan ditampilkan kotak dialog ODBC Data Source Administrator, pilih tab System DSN
3. Klik tombol Add, pilih Microsoft Access Driver kemudian tekan Finish
4. Pada kotak dialog ODBC Microsoft Access Setup isi kotak data Source Name dengan data siswa dan kotak description dengan data siswa, tekan tombol Select untuk memasukkan database selanjutnya tekan OK


3. Pemrograman

Dilakukan setelah kita menyelesaikan pembuatan DSN. Untuk pemrograman ini
akan ditampilkan halaman HTML dan halaman modifikasi menjadi ASP.

1. Programming halaman pertama yaitu pembuatan halaman datasiswa.htm
2. Lakukan modifikasi terhadap halaman datasiswa.htm dengan memasukkan kod ASP pada bagian awal halaman sebelum tag
3. Simpan file dengan nama datasiswa.asp
4. Programming halaman kedua yaitu pembuatan halaman lihatdatasiswa.htm. buka kembali halaman lihatdatasiswa.htm pada Microsoft FrontPage
5. Selanjutnya akan dilakukan modifikasi terhadap halaman lihatdatasiswa.htm dengan memasukkan kode ASP
6. Simpan file dengan nama lihatdatasiswa.asp


4. Pengujian (Testing)

Testing ini akan memberitahukan kepada kita apabila terdapat kesalahan
dalam coding yang kita lakukan. Ditampilkan dalam browser yang kita akses.
Jika tidak terdapat kesalahan maka kita dapat mengetahui bahwa data tersebut
sudah tersimpan dalam database.
BAB 5 Membuat Homepage Sederhana

A. Menentukan Perangkat Lunak Untuk Membuat Homepage
Membuat homepage atau website tidak sulit.Hal ini cukup dengan memperhatikan beberapa cara berikut :
1.Tujuan dibuatnya homepage
2.Siapa yang menjadi target untuk melihat homepage yang kita buat
3.Klasifikasikan informasi yang ditampilkan dalam homepage
4.Hasil klasifikasi tsb akan mewakili satu halaman homepage
5.Buat skenario dari setiap hasil klasifikasi agar informasi yg ditampilkan benar-benar jelas dan tidak mengambang.

Terdapat tiga kriteria tools untuk membantu pengembangan Homepage
1.Editor HTML
Editor HTML digunakan untuk mendesain homepage dan komponennya.Banyak editor HTML
yang gratis maupun yang membayar.
2.Editor Graphics
Editor grafis digunakan untuk mengedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage.Kita
dapat memodifikasi warna,memotong gambar,memperbesar atau memperkecil
gambar,menggabungkan gambar,memberi efek pada gambar,dan siap untuk ditampilkan pada
homepage.
3.Editor Multimedia Animasi dan Suara
Editor Multimedia digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Terdapat suatu
editor animasi yang paling populer, yaitu Macromedia Flash. Macromedia Flash tidak hanya
digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara, tetapi juga untuk membuat suatu
homepage multimedia.

B. Membuat Layout Homepage yang Diinginkan
Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan. Terdapat beberapa layout halaman homepage yang dapat kita gunakan dan tersedia pada Microsoft FrontPage XP.Kita tidak perlu membuat layout yg rumit yg akan membuat pengaksesan homepage lamban.

C. Menerapkan Hyperlink
Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage.Hyperlink perlu karena terdapat banyak informasi yang tidak dapat dijelaskan dalam satu halaman homepage secara keseluruhan.Dengan menggunakan hyperlink, kita dapat menuju ke informasi yang akan kita akses pada page yang lain.

D. Menerapkan Cascading Style Sheet
Dengan Microsoft FrontPAge XP,kita tidak perlu bingung untuk memberi efek warna dan tampilan pada homepage yg akan kita buat.Sudah tersedia Cascading Style Sheet (CSS) dalam Microsoft FrontPage.
Fungsi CSS adalah untuk pengaturan beberapa format yaitu :
1.Bentuk huruf
2.ukuran huruf
3.format huruf
4.warna huruf
5.warna background
6.warna hyperlink
7.format textbox

E. Membuat Aplikasi dalam Sistem yang Terintegrasi
Untuk membuat situs atau homepage, diperlukan sebuah skenario yang sederhana.Fungsi dari skenario tersebut, yaitu untuk memandu kita dalam menentukan apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu halaman atau website.Jika skenario sudah dibuat maka implementasi atau pembuatan website tidak akan mengambang.Berhasil atau tidaknya pembuatan sebuah homepage sangat tergantung pada skenario yang dipakai.

F. Mendaftar Alamat Domain
Untuk mempublikasikan homepage yg dibuat melalui internet,kita perlu mempunyai alamat di internet yg disebut domain.Untuk mendapatkannya kita harus membeli domain tsb.Nama domain sangat spesifik dan unik.Untuk dapat nama yg sama kita harus punya ekstension domain yang berbeda.

G. Melakukan Upload
Kita akan mempelajari cara upload dokumen yang tlh kita buat di komputer dengan internet.Hal ini membutuhkan tempat untuk menyimpan dan menampilkan data di internet.
BAB 4 Mencari Informasi dan Berkomunikasi Melalui Internet

A. Menggunakan Pelayanan Internet dalam Akses Informasi dan Komunikasi untuk Menyelesaikan Tugas-Tugas yang Diberikan oleh Guru

1. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Situs sesuai dengan Mata Pelajaran

Terdapat beberapa situs-situs yang khusus membahas satu topik mata pelajaran atau masalah, antara lain sebagai berikut:

1. www.chem-is-try.org, membahas mengenai ilmu kimia.

2. www.ilmukomputer.com, membahas mengenai ilmu komputer.

3. www.fisika.lipi.go.id, membahas mengenai ilmu pengetahuan.

4. www.invir.com, berisi contoh soal ujian atau ebtanas.

2. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Mesin Pencari (Seach Engine)

Ada beberapa kriteria yang bisa dgunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :

1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.

Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.

1. Google (www.google.com)

Google berdiri pada tahun 1998. website ini didirikan oleh dua orang bersahabat dari Stanford university. Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang. Saat ini google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan. google mempunyai database yang besar, ditambah lagi google membagi database dengan mesin pencari lain, seperti yahoo. artinya, jika kata yang kita cari tidak ada di database google, pencarian akan dilakukan di database yahoo. Google juga mempunyai fasilitas pencarian menggunakan bahasa Indonesia

2. Yahoo (www.yahoo.com)

Yahoo adalah mesin pencari yang menggunakan index direktori. Yahoo berasal dari koleksi pribadi jerry yang. Kelebihan yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan google. Jika kata yang dicari tidak terdapat di yahoo, pencarian akan dilakukan di database google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka tersaftar di index yahoo. Dengan kata lain, database yahoo memuat semua daftar halaman web.

3. Altavista (www.altavista.com)

Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.

4. Lycos (www.lycos.com)

Lycos dibuat di Carnegie mellon university pada mei 1994. lycos merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunai kelebihan, yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia, yakni sekitar 29,5% pengguna, kemudian diikuti oleh yahoo sekitar 28,9% pengguna. Tempat ketiga adalah MSN yang digunakan oleh sekitar 27,6% pengguna. Altavista berada di posisi ke enam dengan presentase pengguna sekitar 4%. Dan lycos berada di posisi ke tujuh dengan presentase pengguna sekitar 2%.

3. Fasilitas Khusus pada Google

Hasil pencarian yang lebih baik dapat kamu peroleh karena Google menyediakan fasilitas yang lebih canggih. Kamu dapat menemukan format file yang akan kamu cari dengan menggunakan fasiilitas ini.

4. Trik Pencarian Melalui Google

FITUR PENCARIAN DASAR

1. AND: Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif berikut: ukiran jepara ukiran AND jepara ukiran+jepara

2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif berikut: tahu OR tempe tahu | tempe

3. FRASE: Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”. Contoh: “perangkat lunak”

4. NOT: Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-). Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi bukan bandeng. ikan -bandeng

5. SINONIM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya. ~car

6. ASTERIK (*): Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak pedas, dsb ayam * pedas

7. TANDA TITIK (.): Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa:kopi, koki, kodi, dsb ko.i

8. CASE INSENSITIVE: Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian yang sama

9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian kata tersebut, bisa dengan menggunakan karakter + di depan kata yang dicari (contoh: Star Wars Episode +I), atau bisa juga dengan menganggapnya sebagai frase (contoh: “Star Wars Episode I”)

10. I’M FEELING LUCKY: Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

FITUR PENCARIAN LANJUT

1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang e-learning dari berbagai sumber define:e-learning

2. CACHE: Menampilkan situs web yang telah diindeks oleh Google meskipun sudah tidak aktif lagi. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata php pada situs ilmukomputer.com yang ada di indeks Google. cache:ilmukomputer.com php

3. LINK: Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs ilmukomputer.com link:ilmukomputer.com

4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situsrelated:romisatriawahono.net

5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs info:romisatriawahono.net

6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk java site:ilmukomputer.com

7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah:doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword software engineering software engineering filetype:pdf

8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu. allintitle:java programming

9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise intitle:java enterprise

10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan programming. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu. allinurl:java programming

11. INURL: Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java dan isi halaman yang mengandung kata enterprise inurl:java enterprise

Sumber: IlmuKomputer.com

B. Penggunaan Layanan Chatting untuk Berkomunikasi

CHAT merupakan Kependekkan dari Conversational Hypertext Access Technology, yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkonunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup popular di Internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur, dan jenis kelamin.

Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan pakar yang berada

Di tempat lain melalui e-mail atau group, atau dapat juga dengan menggunakan layanan chatting. Terdapat banyak jenis program untuk chatting salah satunya adalah mIRC. mIRC salah satu program untuk chatting yang popular. mIRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungn dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat). Jaringan IRC adalah tempat pertemuan maya (virtual) di mana setiap orang dari seluruh penjuru dunia dapat saling berkomunikasi.

Kelebihan mIRC:

Adanya script yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.

Kekurangan mIRC:

§ Anda tidak bisa berbincang dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa berbincang dengan basis teks.

§ Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti.

C. Penggunaan Mailing List di Yahoogroups untuk Berkomunikasi

Mailing list atau disingkat Milis merupakan suatu kelompok diskusi di mana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya.

1. Membuat Mailing List di Yahoogroups

Berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh, yaitu :

1) Jalankan browser.

2) Buka situs Yahoogroups di http://groups.yahoo.com/,

3) Klik Sign in untuk melakukan pendaftaran. Lakukan login dengan menggunakan account Yahoo ID yang telah kamu miliki.

4) Klik create a group, maka akan muncul halaman Start a Group. Selanjutnya, klik salah satu kategori yang merupakan dekskripsi mailing list kamu.

5) Klik link Internet.

6) Klik tombol Place my group here

7) Ketik nama mailing list atau nama group pada kotak Group Name, ketikkan alamat e-mail mailing list kamu pada kotak isian Enter your Group e-mail address.

8) Kemudian akan muncul tampilan, lalu tentukan profil mailing list kamu. Ketikkan huruf yang terdapat dalam gambar ke dalam kotak isian Word Verification, lalu klik tombol Continue.

9) Selanjutnya akan ditampilkan halaman verifikasi, bahwa kamu telah berhasil membuat mailing list.

10) Klik Customize Your Group untuk mengatur keanggotaan kelompok milis.

11) Klik Invite People to Join untuk mengajak orang lain ikut bergabung dalam milis.

12) Kamu dapat mengklik tulisan Sign Out untuk menutup mailing list kamu.

2. Berkirim E-Mail Menggunakan Mailing List

Untuk melakukan kegiatan tersebut, langkah-langkah yang harus diperhatikan, yaitu :

1) Buka account e-mail kamu.

2) Klik tombol Compose untuk membuat pesan yang kamu kirim melalui mailing list.

3) Pada kotak isian To, ketik alamat mailing list yang kamu tuju.

4) Klik tombol Send untuk mengirim e-mail tersebut.

5) Setiap anggota mailing list akan menerima kiriman e-mail tersebut. Karena sudah termasuk anggota mailing list., maka kamu juga akan menerima e-mail yang kamu kirimkan.
BAB 3 Menggunakan E-mail untuk Komunikasi

A. Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (E-mail)

E-mail (Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan internet. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat. Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet.

Terdapat dua jenis e-mail, yaitu :

* E-mail berbaris web, pada e-mail jenis ini,seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail.
* E-mail berbaris client, dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

2. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari suatu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail dibuat dengan pengolah kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer.
Penggunaan e-mail memungkinkan data terkirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kita dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat kepada keluarga di luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, yaitu :

* Melalui penyedia e-mail gratis, hanya tinggal mengunjungi penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kita pun akan memiliki e-mail secara instan.
* Undangan dari teman, melalui undangan (invite) dari teman kita yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut.
* Dari Intenet Service Provider (ISP), ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet.
* Dari perusahaan, e-mail yang diperoleh dari perusahan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan dimana e-mail tersebut terdaftar.
* Memesan sendiri, cara ini hanya bertujuan untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat kita tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas diri, serta fasilitas yang ingin kita dapatkan dari e-mail tersebut. Untuk mendapatkannya kita harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server, setelah itu kita dapat menggunakan e-mail tersebut.

B. Mailbox (Fisik dan Logik)

Alat komunikasi melalui media elektronik mempunyai keunikan tersendiri, baik dari kecepatan transfer data maupun kemampuannya untuk melakukan broadcast. Surat merupakan alat komunikasi yang sudah lama kita kenal. Mengirim surat dengan menggunakan metode konvensional, akan menghasilkan sesuatu yang jelas dan isinya tidak harus selalu diklarifikasi. Sedangkan melalui e-mail sangat mudah digunakan. Pengguna e-mail memiliki kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mail server. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci (Password). Pesan yang diterima akan disimpan mailbox, selanjutnya pemilik mailbox dapat melakukan pengecekan isi, membaca, menjawab, menghapus, dan mengirim pesan (e-mail).

C. Adress dan Subjek E-mail

Terdapat berbagai macam penyedia layanan e-mail, diantaranya :

* Yahoo!, layanan dari Yahoo! yang beralamat di mail.yahoo.com
* Gmail, layanan dari Google yang beralamat di mail.gmail.com
* Hotmail, layanan dari Microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
* Plasa, layanan dari Telkom yang beralamat di www.plasa.com

Nama login atau alamat pada umumnya terdiri atas 2 bagian utama, yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana mailbox tersebut berada. Mailserver merupakan komputer tempat meletakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail dapat kita sebut sebagai client. Format penulisan alamat e-mail dituliskan sebagai berikut :

* namamailbox@namaserver

1. Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

* Klik start
* Klik browser website
* Buka situs Yahoo Mail di http://mail.yahoo.com, di kotak Address
* Klik Sign Up, lalu isi form pendaftaran
* Isikan Enter the code pada bagian Verify Your Regristration
* Baca ketentuan layanan disediakan oleh Yahoo Mail. Pada bagian Term of Service, klik I Agree
* Setelah aplikasi diterima, sebaiknya mencatat Yahoo ID dan e-mail yang ditampilkan Yahoo!,
kemudian klik Continue to Yahoo! Mail
* Setelah mengklik Continue to Yahoo! Mail, kita akan masuk ke Yahoo! Mail yang kita miliki. Kita akan mendapat inbox yang berisi ucapan selamat bergabung di Yahoo!
* Proses untuk menjadi anggota Yahoo! Mail telah selesai. Kita sudah memiliki e-mail di Yahoo!. Untuk keluar dari Yahoo!, klik sign out

2. Menggunakan Yahoo! Mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

* Klik start, pilih browser
* Buka situs Yahoo! di http://mail.yahoo.com, dengan cara mengetikan alamat tersebut di address. Isi Yahoo ID dan password, lalu sign in

D. Attachment File dalam E-mail

1. Mengirim E-mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

* Klik ikon Compose
* Akan muncul halaman Compose
* Pada kotak To, ketik alamat e-mail penerima, dan pada kotak subjek ketik perihal e-mail yang kita kirimkan
* Pada kotak CC (Carbon Copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail, alamat e-mail akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa yang menerima e-mail
* Pada kotak BCC (Blind Carbon Copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail, tetapi alamat e-mail tidak ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tidak tahu siapa yang menerima e-mail
* Ketik isi e-mail yang ingin kita kirimkan
* Klik Send, untuk mengirim e-mail
* Akan muncul konfirmasi pengiriman e-mail kita
* Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat (inbox)
BAB 2 Menggunakan Internet untuk Memperoleh Informasi

A. Pelayanan World Wide Web (WWW)
Seperti kita ketahui, sudah miliaran halaman web yang terdapat di Internet. Bagaimana untuk mencari halaman web? Jika kita mencoba kita mencoba membuka halaman web satu persatu untuk mencari halaman web tertentu, maka hal ini tidak mudah. Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topic tertentu.
Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengelola informasi dan mempunyai sumber daya yang tidak sedikit, termasuk di dalamnya penggunaan e-mail, usenet newsgroup, proses transfer file ataupun informasi, dan pelayanan lainnya.
Sumber daya yang dimiliki oleh internet yaitu :

* E-mail, digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik
* Newsgroup, forum diskusi
* Mailing List, kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik
* IRC (Internet Relay Chat), fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bahasa tertulis secara interaktif
* Telnet, fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi (login) ke suatu sistem komputer
* FTP (File Transfer Protocol), sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke suatu komputer lain atau sebaliknya
* Gopher, perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server Gopher melalui menu yang bersifat hierarkis
* Archie, perangkat yang dapt digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP
* Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves), merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian pada situs-situs Gopher
* WAIS (Wide Area Information Servers), perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada Internet yang dilakukan dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari
* World Wide Web (WWW), sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam Internet melalui pendekatan hypertext

World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan web merupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna komputer yang terhubung dengan Internet. Selain itu, WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya dipresentasikan dalam bentuk hypertext.
Protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language). Dokumen tersebut diletakkan di dalam web server (server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien (pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut (browser).

B. Menu dan Fasilitas pada Web Browser

Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyedia layanan navigasi untuk para "peselancar" di dunia maya. Biasanya terdapat enam bagian informasi yang ditampilkan pada jendela browser, yaitu :

* Title Bar, merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Title bar ini berada pada baris paling atas dari jendela browser.
* Menu Bar, merupakan menu-menu utama browser. Misalnya, menu File, Edit, View, dan menu lainnya. Di dalam menu-menu tersebut terdapat beberapa submenu yang lain.
* Tool Bar, merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing sebagai jalan pintas (shortcut) untuk menu-menu yang ada dalam bentuk button.
* Adress Bar, berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs halaman web yang ingin ditampilkan.
* Workspace, merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kita kunjungi. Pada bagian ini juga terdapat tempat untuk melakukan scrolling (menggeser atau menggulung) halaman.
* Status Bar, berfungsi untuk menampilkan situs dari situs web yang sedang kita buka. Tulisan terdapat pada status bar dapat berubah sesuai kondisi.

Bagian-bagian pada tool bar yang sering digunakan yaitu :

* Back, untuk kembali ke halaman web sebelumnya.
* Forward, untuk maju ke halaman web berikutnya.
* Stop, untuk menghentikan proses download situs web yang sedang berlangsung.
* Refresh, untuk menampilkan kembali halaman web.
* Home, untuk kembali ke halaman pertama.
* Search, untuk mencari web atau data tertentu pada internet.
* Favorites, untuk menyimpan halaman web yang sering dikunjungi.
* History, untuk menampilkan kembali daftar web yang telah dikunjungi.
* Mail, untuk mengirim atau membaca e-mail.
* Print, untuk mencetak halaman web yang diinginkan.

C. Pengertian URL dan Homepage

1. Mengenai URL

URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di Internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama file-nya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. URL dapat disediakan atau diakses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau archie, atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses.
Secara umum, untuk melakukan penjelajahan Internet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut :

* Protokol > http://
* Domain > www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id
* Directory > /06/
* Nama halaman > index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi :

* http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk nama domain secara umum adalah :

* ilkom.fmipa.ipb.ac.id

Contoh di atas menunjukkan alamat web Departemen Ilmu Komputer, FMIPA, IPB. Bagian "ac" menyatakan tipe domain, sedangkan "id" menyatakan kode negara untuk Indonesia.
Bermacam-macam tipe domain dapat dilihat sebagai berikut :

* com atau co, Perusahaan komersil
* edu atau ac, Institusi pendidikan
* gov atau go, Biro atau badan pemerintah
* mil, Militer
* net, Penyedia jaringan
* org atau or, organisasi

Bemacam-macam contoh kode negara dapat dilihat sebagai berikut :

* at, Austia
* au, Australia
* ca, Kanada
* de, Jerman
* fr, Prancis
* id, Indonesia
* jp, Jepang
* kr, Korea Selatan
* mx, Meksiko
* my, Malaysia
* nz, Selandia Baru
* sg, Singapura
* tr, Turki
* tw, Taiwan
* uk, Inggris
* us, USA
* ve, Venezuela
* za, Afrika Selatan

2. Mengenal Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (website). Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kita lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web. Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apa pun yang dapat kita bayangkan.
Web page atau halaman web merupakan istilah lain yang tidak kalah penting untuk kita ketahui. Jika website dapat diibaratkan seperti sebuah buku, maka sebuah web page merupakan salah satu halaman dari website tersebut. Karena homepage merupakan halaman depan dari website pun dapat disebut sebagai sebuah web page. Akan tetapi, tidak semua web page merupakan homepage.

D. Hypertext dan HTML

1. Hypertext

Dalam komputer, hypertext adalah paradigma interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hyperlink. Memilih hyperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat singkat.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan bantuan jaringan komputer seperti Internet. Implementasi paling terkenal dari hypertextWorld Wide Web.
Istilah "hypertext" sering kali digunakan di mana istilah hypermedia lebih cocok bila digunakan.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext

2. HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka e-mailbrowser.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.
Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
adalah ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan

* structural, tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks.
* presentational, tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut.
* hypertext, tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain.
* Elemen widget, memuat objek objek lain seperti tombol, list, dan garis horisontal.

Selain markup presentational , markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Html

E. Search Engine

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Sejarah terbentuknya mesin pencari (search engine)

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai Page Rank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmasterwebnya yang berusaha agar situs memperoleh nilai Page Rank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Tokoh-tokoh SEO Terkemuka

Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin pencari dan SEO.

* Danny Sullivan, Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.
* Matt Cutts, Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.
* Vannesa Fox, Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

Dari sekian banyak mesin pencari (search engine), yang paling populer diantaranya, yaitu :

* Google, beralamat di www.google.com
* Yahoo, beralamat di www.yahoo.com
* AlltheWeb, beralamat di www.alltheweb.com
* Excite, beralamat di www.excite.com
* Lycos, beralamat di www.lycos.com
* Altavista, beralamat di www.altavista.com

1. Google (www.google.co.id)

Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang relevan dan sangat cepat. Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi. Tidak hanya kecanggihan yang dimiliki Google, tetapi juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang mengguanakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa. Sebagai satu sistem yang melayani pengguna dalam melayani informasi diantara miliaran halaman web yang terdapat di Internet, Google menggunakan kombinasi yang unik anatara perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih. Kecepatan pencarian yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.

2. Yahoo (www.yahoo.com)

Yahoo merupakan situs search engine yang paling kaya fitur. Popularitas Yahoo meningkat dimata para pengguna karena banyaknya fitur yang disediakan. Hal ini disebabkan karena Yahoo memposisikan diri sebagai situs portal di Internet. Meskipun situs ini banyak fitur yang menggiurkan, tetapi kemampuan layanan mesin pencarinya tidak kalah dengan search engine yang lain. Kecepatan dan keakuratannya dapat diadu dengan search engine terkemuka lainnya.

3. All The Web (www.alltheweb.com)

Internet AllTheWeb adalah mesin pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999. Ini tumbuh keluar dari FTP Search, Tor Egge doktor tesis di Norwegia Universitas Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST perusahaan mesin pencari. Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi, AllTheWeb tidak pernah menjadi populer.
Ketika AllTheWeb dimulai pada tahun 1999, Cepat Cari dan Transfer bertujuan untuk menyediakan database untuk mesin pencari yang lain, menyalin kasus yang sukses Inktomi. Memang, pada bulan Januari 2000, LycosLycos PRO dalam pencarian. Pada saat itu, para AllTheWeb database Crawler mereka diindeks lebih dari 2 milyar halaman dengan Juni 2002 dan memulai babak baru dari perang ukuran mesin pencari. Sebelum pembelian oleh Yahoo!, database berisi sekitar 3,3 miliar URL. AllTheWeb memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Google, seperti database lebih segar, lebih canggih fitur pencarian, cari clustering dan disesuaikan sepenuhnya terlihat. Pada Februari 2003 Cepat divisi pencarian web dibeli oleh Overture. Bulan Maret 2004 Overture itu sendiri diambil alih oleh Yahoo!. Tak lama setelah Yahoo! akuisisi, di situs AllTheWeb mulai menggunakan Yahoo! database telah berkembang dari 80 juta URL hingga 200 juta. Tujuan mereka adalah untuk mengindeks semua web dapat diakses publik. dan beberapa fitur canggih yang dihapus, seperti FTP pencarian.
digunakan hasil mereka

4. Excite (www.excite.com)

Excite tetap menjadi pilihan pengguna dalam mencari data di Internet, meskipun situs ini mengalami pasang surut dalam bisnis dot-com. Excite merupakan search engine pelopor dan paling inovasional pada saat pertama kali diperkenalkan. Excite masih layak untuk bersaing dan disebut terbaik di antara search engine lain, karena keakuratan dan kecepatannya dalam menampilkan hasil pencarian.

5. Lycos (www.lycos.com)

Setiap search engine tentu dibuat semenarik dan seakurat mungkin untuk dapat bersaing dan mengejar popularitas di mata pengguna Internet. Lycos sebagai salah satu pelopor mesin pencari, tetap bagus, cepat, dan akurat dalam melakukan pencarian, meskipun banyak situs search engine baru yang baik dan akurat. Hal inilah yang membuat Lycos masih bertahan di jajaran search engine terbaik dunia.

Tampilan Lycos cukup meriah, mengesankan dirinya sebagai situs portal, tidak seperti tampilan search engine lain yang terkesan sederhana. Kotak pencarian terletak di bagian atas halaman, seakan tersembunyi oleh tampilan image dan ikon fitur yang mencolok. Akan tetapi, tidak salah jika fitur-fiturnya dibuat mencolok, karena fitur tersebut sangat bermanfaat dan membantu para penggunanya.

6. Altavista (www.altavista.com)

Para pesaing bisnis di bidang Internet layak memperhitungkan Altavista, khususnya dalam bidang search engine, karena kepopuleran mesin pencari ini dapat disetarakan dengan search engine lain yang lebih lama muncul. Keandalan dan keakuratan hasil yang ditampilkan Altavista menjadikan para pengguna memilih situs ini.

Di balik tampilannya yang sederhana, Altavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencenangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik di kelasnya.

F. Menggunakan Search Engine

Search Engine mempunyai 3 komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengajarkan akses ke situs-situs web, membaca isinya dan mengikuti link-link yang terdapat dalam situs.

Setiap informasi yang dijumpai di elemen spider selalu akan ditulis dalam sebuah indeks. Indeks merupakan elemen kedua dari search engine. Indeks mirip dengan buku raksasa berisi salinan (copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui (update). Kadang-kadang diperlukan sebuah penulisan halaman baru sesuai hasil elemen temuan spider pada situs web, sehingga terdapat kemungkinan informasi baru dari sebuah situs web yang telah diakses oleh elemen spider tidak tertulis dalam indeks katalog.

Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak (software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilih jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokannya sesuai permintaan pengguna internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari search engine Google :

* Buka browser Internet Explorer
* Pada kotak Address ketik www.google.co.id, kemudian tekan Enter
* Pada kotak search, ketik kata kunci yang ingin dicari, lalu tekan Enter
* Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik link tersebut

G. Mengelola Informasi yang diperoleh

1. Menyimpan Informasi

Kita dapat menyimpan data ke dalam harddisk, disket, atau flash disk. Sehingga tanpa harus terhubung dengan internet (offline), kita dapat membukanya.

Adapun cara-cara menyimpan halaman web tersebut :

* Aktifkan web browser pada halaman yang kita sukai
* Setelah tampilan muncul secara utuh, klik File pada pull-down menu, dan pilih Save As
* Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save Web Page, tentukan dimana file tersebut akan disimpan, dan juga nama file-nya
* Pilih tombol Save untuk melakukan penyimpanan

Terdapat berbagai jenis penyimpanan yang disediakan, yaitu sebagai berikut :

* Web Page Complete (*.htm,*html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap.
* Web Archive, Single File (*.mht), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht. File html, gambar, dan animasi disimpan dalam satu file tersebut.
* Web Page, HTML Only (*.htm,*.html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan file html. Sedangkan, file pendukung, seperti gambar-gambar beserta animasi tidak ikut disimpan.

2. Mencetak informasi

Langkah-langkah mencetak file sebagai berikut :

* Klik menu File
* Klik Print, akan muncul kotak dialog Print
* Selanjutnya, pilih jenis printer kemudian klik Print

H. Download File

Download adalah menyalin data dari server secara remote (mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya). Banyak program khusus untuk menangani kegiatan download file dari internet. Misalnya, Download Accelerator Plus (DAP), Getright, Free Download Manager, dan lainnya.

Langkah-langkah untuk melakukan download, yaitu :

* Buka Browser, pilih satu topik
* Klik Download
* Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan Download terhadap file tersebut
* Klik tombol Save untuk mulai mendownload informasi. Ketika muncul jendela Save As tentukan folder penyimpanan
* Ketika muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses selesai

I. Elemen-elemen dalam Dokumen HTML

Untuk membangun suatu situs atau halaman web, kamu terlebih dahulu harus mengerti mengenai HTML. HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda kurung. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan tanda kurung, kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan tanda kurung dengan garis miring. Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan definisi dari tag tersebut, dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan, karena terdapat beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal.
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML, dinyatakan dengan tag dan berikut tag-tag pasangannya. Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang sebenarnya, tersusun atas link, grafik, dan elemen lainnya. Secara umum, dokumen web dibagi menjadi dua bagian (section), yaitu section head dan section body.
Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag dan di akhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen tersebut adalah dokumen HTML. Dalam satu dokumen hanya terdapat satu elemen HTML.
Section atau elemen head ditandai dengan tag head di awal dan tag head dengan garis miring di akhir. Section ini berisi informasi mengenai dokumen HTML. Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen. Judul ini akan ditampilkan pada caption bar dari window browser, ditandai dengan menggunakan tag title dan diakhiri dengan tag title dengan garis miring. Section atau elemen body ditandai dengan tag body di awal dan diakhiri dengan tag body dengan garis miring. Section body merupakan elemen terbesar di dalam dokumen HTML. Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi paragraf, grafik, link, tabel, dan elemen lainnya.
BAB 1 Mengenal Perangkat Keras dan Penyedia Layanan yang Digunakan dalam Akses Internet

A.Konsep Internet

Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Dalam hal ini, komputer yang dahulu berupa stand alone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer lainnya. Sebagai analogi, Internet seperti sebuah kota elektronik yang sangat besar di mana setiap penduduk mempunyai alamat (Internet address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jaringan jalannya bertumpu di atas sarana atau media telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan linline telepon dan jalur tercepatnya dapat menggunakan leased line atau ISDN (Pasopati).

Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 30.000 jaringan dengan alamat lebih dari 30 juta di seluruh dunia. Karena sifatnya berupa ruang yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, Internet dapat kita sebut sebagai ruang maya (cyber space).

1. Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Daftar kejadian penting :

1957 Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958 Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.

Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

1965 Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968 Jaringan Tymnet dibuat.

1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"

1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.

1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.

Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.

Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

2. Prinsip Koneksi

Satu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut berada satu jaringan dengan komputer lainnya. Jaringan tersebut disebut dengan network.

Jaringan dimulai dari yang sangat sederhana sampai ke dalam bentuk yang lebih kompleks. Jarinagn sederhana adalah hubungan satu komputer dengan komputer lainnya. Sedangkan, jaringan yang lebih kompleks adalah saling terhubungnya jarinagn-jaringan yang sederhana. Untuk menjadi bagian dari jaringan yang kompleks yang disebut Internet, komputer harus terhubung dengan salah satu komputer yang telah terhubung dengan Internet. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan penyedia akses Internet yang disebut dengan Internet Service Provide (ISP).

ISP merupakan sebuah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor atau organisasi yang memanfaatkan layanan Internet. ISP bertanggung jawab bagaimana koneksi ke Internet dapat dilakukan sampai dapat menggunakan fasilitas Internet.

3. Kegunaan Internet

Banyak kegunaan Internet yang menguntungkan dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan bidang lainnya), antara lain sebagai berikut:

1. Informasi yang diperoleh lebih sepat dan murah dengan aplikasi di bawah ini :

* E-mail
* WWW.
* NewsGroup
* FTP,
* Gopher

2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, seperti :

* Koran masuk Internet
* Majalah, brosur, dan media cetak lainnya

3. Sebagai media promosi, seperti :

* Citra perusahaan
* Pengenalan dan pemesanan produk

4. Komunikasi interaktif, seperti :

* E-mail
* Dukungan pelanggan dengan WWW.
* Video conferencing,
* Internet relay chat,
* Internet phone.

5. Sebagai alat research and development.

6. Pertukaran data.

4. Pertumbuhan Internet

Pertumbuhan Internet saat ini cukup pesat. Dari data statistik, diperoleh data sebagai berikut :

* 3 juta host sudah terkoneksi di akhir tahun 1994
* Populasi 30 juta pengguna (tahun 1995)
* Pertumbuhan 10 % tiap bulan.
* 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan pada tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet.
* E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis.

B. Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan untuk Akses
Internet


Agar dapat melakukan segala aktivitas melalui Internet, komputer harus terhubung dengan Internet melalui layanan khusus yang disebut Internet Service Provider (ISP). Terdapat banyak cara yang dpat digunakan untuk dapat terhubung dengan Internet, beberapa di antaranya adalah menggunakan gelombang radio, saluran TV kabel, jaringan telepon, atau telepon genggam (handphone). Akan tetapi media yang paling umu digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP/Point-to-Point Protocol).

PPP adalah sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke Internet melalui saluran telepon dan modem.

1. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)

Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi Internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk akses Internet. Spesifikasi minimal komputer yang dapat digunakan untuk akses Internet, yaitu seperangkat komputer dengan processor Pentium atau setaranya minimal Pentium 133MHz, didukung RAM yang berkecepatan 32 MB dan harddisk berkapasitas cukup besar yang diperlukan untuk menyimpan program=program (software) yang berhubungan dengan Internet. Berikut ini merupakan contoh spesifikasi perangkat-perangkat komputer yang mendukung akses Internet :

* Motherboard : DFI
* Processor : Pentium 4 dari Intel
* Memory : 512 MB
* Harddisk : SATA 80 GB
* VGA Card : ATI Radeon 128 MB
* Optical Drive: DVD-ROM Combo
* Floppy Drive : Generic 1.4 MB
* Keyboard + Mouse: Generic
* Casing + Power Supply : Aibo 480 Watt
* Operating System : Windows XP Profesional Edition
* Sound Card : Onboard
* Monitor : Philips Flat 17 inch


2.Modem (Modulator Demodulator)

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang terpisah dari perangkat komputer atau berbentuk perangkat tersendiri. Modem internal adalah modem yang tergabung pada bagian dalam komputer.

Modem terbagi atas:

1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude

gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi.

2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency

gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi.

3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa dapat dibedakan menjadi :

* PAM (Pulse Amplitude Modulation), amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.
* PPM (Pulse Position Modulation), posisi pulsa berubah-ubah sesuai dengan sudut phasa sinyal informasi.
* PWM (Pulse Width Modulation), jarak antar pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.

4. Digital Modulation, terdiri dari :

FSK (Frequency Shift Keying), pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner (sinyal analog yang dikodekan).

Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilo bit per second). Kecepatan modem bervariasi, yaitu antara 300 bps - 56,6 kbps, tetapi kecepatan yang umum digunakan saat ini, yaitu antara 14,4 - 56,6 kbps.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Modem

a. Cara instalasi dan setting modem pada Windows XP

Untuk dapat melakukan koneksi ke internet pada Windows XP, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut :

* Pastikan dalam komputer sudah terinstal sistem operasi Windows XP dan berjalan dengan baik
* Pastikan bahwa sudah terpasang modem pada komputer
* Pastikan bahwa minimal sudah mempunyai sebuah saluran telepon
* Nyalakan komputer
* Klik tombol start pada taskbar. Selanjutnya. pilih Control Panel yang akan menampilkan jendela Control Panel
* Pilih Network and Internet Connections pada jendela Control Panel
* Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Network and Internet Connections. Klik Internet Connections
* Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Network Connections. Klik Create a New Connections pada Network Tasks di jendela sebelah kiri
* Jendela New Connections Wizard akan ditampilkan kemudian tekan tombol Next
* Pilih Set up my connections manually pada pilihan Getting Ready, kemudian tekan tombol Next
* Pilih modem yang digunakan, kemudian tekan tombol Next
* Masukkan nama ISP di bawah kolom ISP Name
* Selanjutnya, masukkan nomor telepon untuk dial ke ISP tersebut
* Masukkan username dan password pada kotak User name, Password, dan Confirm password.
* Aktifkan kotak ceklis Add a shortcut to this connection to my desktop, kemudian tekan tombol Finish untuk menyelesaikan proses pembuatan koneksi

b. Melakukan Koneksi ke Internet

Setelah kita membangun koneksi Internet, kita dapat melakukan koneksi dengan Internet, melalui langkah-langkah berikut :

* Tampilkan desktop komputer
* Klik dua kali pada ikon Connection yang terdapat di desktop, selanjutnya akan ditampilkan jendela Connection
* Tekan tombol Dial, kemudian tunggu beberapa saat. Pada saat proses koneksi, akan ditampilkan jendela dialling, registering, dan verifikasi username dan password
* Ketika proses koneksi dengan Internet berhasil dilakukan, biasanya akan muncul sebuah pesan di pojok kanan bawah desktop
* Setelah koneksi berhasil, Internet dapat digunakan


c. Memutus Koneksi dengan Internet

Untuk memutus koneksi antara komputer dengan Internet, lakukan langkah-langkah berikut :

* Tampilkan desktop komputer
* Klik dua kali ikon Connection di pojok kanan bawah, maka akan ditampilkan jendela Connection
* Selanjutnya, tekan tombol Disconnect


3. Saluran Telepon

Selain perangkat komputer dan modem, telepon rumah juga merupakan sarana yang penting untuk dapat menghubungkan komputer dengan internet. Telepon dan modem adalah dua alat yang penting jika kita ingin mengakses Internet.

Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Internet melalui perangkat modem. Kita dapat langsung melakukan akses Internet menggunakan modem dial-up dan saluran telepon. Selain itu, dapat juga mendaftarkan ke ISP terdekat seperti CBN, Centrin, Bitnet, dan ISP lainnya. Jika TV kabel sudah tersedia di lingkungan kita, maka kita dapat juga menggunakan untuk akses Internet dengan modem kabel (cable modem).

4. Perangkat Lunak (Software)

Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Netscape Navigator , dll. Jika kita telah menggunakan sistem operasi Windows 2000 atau lebih, Internet Explorer sudah merupakan bawaan atau terinstal secara otomatis pada saat kita menginstal sistem operasi tersebut. Akan tetapi, jika kita menggunakan Windows 95 atau Windows 98, maka kita harus menambahkan atau menginstal Internet Explorer secara terpisah.

5. Internet Service Provider (ISP)

Untuk berlangganan Internet, kita harus menghubungi penyedia jasa Internet (provider) yang terdapat di tempat tinggal kita. Akan tetapi, saat ini dengan terobosan baru seperti Telkomnet Instan dari Telkom, pengguna jasa Internet hanya perlu menghubungi Telkom (dial) pada nomor tertentu tanpa harus melakukan registrasi yang rumit.

Jika semua perangkay untuk akses Internet telah terpenuhi, kita dapat langsung mencoba dan secara online dapat memperoleh informasi yang kita inginkan, berkenalan atau ngobrol (chatting), atau untuk mengisi waktu luang.

C. Peran Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses Internet. ISP dapat juga disebut pintu gerbang (gateway) untuk menuju Internet. Agar kita dapat berhubungan ke Internet, kita perlu mendaftarkan ISP untuk mendapatkan nama dan alamat di Internet.
pa cara untuk mendapatkan akses Internet, yaitu melalui registrasi atau mendaftar terlebih dahulu kepada penyedia jasa layanan Internet atau secara instan seperti menggunakan Telkomnet Instan. Untuk akses instan, akan terasa unik karena kita seolah-olah tidak perlu mendaftarkan terlebih dahulu, kita dapat langsung menggunakannya. Sedangkan untuk registrasi, kita terlebih dahulu untuk mendapatkan hak kita, sehingg mereka akan membuka akses terhadap layanan yang mereka sediakan. Terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan oleh suatu ISP, seperti dial up, hotspot, mobile access, wireless, dan dedicated connection.

1.Dial up
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Masih banyak orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.

Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:

* Perangkat keras (hardware) : Komputer, Modem, Saluran Telepon
* Perangkat Lunak (software) : pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
* Username (login) dan Password : disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.

Yang perlu kita lakukan adalah:

* Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
* Memasang modem ke komputer kita
* Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
* Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula komputer terputus dari Internet.

Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).

Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer)

Contoh menghubungkan lewat ISP “TelkomNet Instan” :

Dalam menghubungkan diri ke Internet, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh komputer, yaitu :

* Dialing (memanggil nomor, misal 080989999)
* Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan sandi)
* Handshaking ("berjabat tangan", artinya menyeragamkan parameter koneksi)
* Connecting (menghubungkan diri ke Internet)

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Dial-up


2. Hotspot
Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Hotspot

3. Mobile Access

Mobile access merupakan salah satu layanan akses Internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam (handphone), sehingga dapat menggunakan Internet di mana pun kita berada, selama masih dalam daerah cakupan (coverage area) dari operator telepon genggam (handphone).

4. Wireless

Wireless atau dalam bahasa Indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi inframerah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.
Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup mengganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. Misalnya: untuk menghubungkan sebuah 1 komputer server dengan 100 komputer client, dibutuhkan minimal 100 buah kabel, dengan panjang bervariasi sesuai jarak komputer klien dari server. Jika kabel-kabel ini tidak melalui jalur khusus yang ditutupi (seperti cable tray atau conduit), hal ini dapat mengganggu pemandangan mata atau interior suatu bangunan. Pemandangan tidak sedap ini tidak ditemui pada hubungan antar piranti berteknologi nirkabel.
Kekurangan teknologi ini adalah kemungkinan interferensi terhadap sesama hubungan nirkabel pada piranti lainnya.


Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Wireless


5. Dedicated Connection
Dedicated connection terhubung secara terus-menerus selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Pada umumnya, dedicated connection digunakan untuk mengakses Internet melalui fiber optic, jaringan TV kabel, satelit, dan telepon rumah.

Dedicated connection baik digunakan untuk mendapatkan akses Internet dari rumah, perkantoran, serta warnet, di mana pada kantor atau warnet tersebut terdapat beberapa komputer yang umumnya menggunakan Internet dengan jumlah waktu yang lama setiap harinya.

D. User ID dan Password

Untuk mengakses sistem yang terdapat pada ISP, biasanya kita harus memberikan sebuah identitas untuk memasuki sistem mereka, yang disebut account. Account merupakan identifikasi yang didaftarkan ke penyelenggara penyedia jasa layanan, sehingga sebuah komputer dapat mendapatkan berbagai layanan yang disediakan. Setidaknya, informasi yang harus kita miliki adalah username dan password. Username atau user ID merupakan nama login kita, sedangkan password merupakan kode rahasia kita.

Hubungan komputer kita dengan Internet yang disediakan oleh ISP dapat terlaksana dengan baik jika username dan password dapat dikategorikan sangat rahasia dan hanya kita yang boleh mengetahui informasi tersebut, karena jika kedua informasi tersebut sampai ke tangan yang tidak bertanggung jawab maka akan memungkinkan pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut memanfaatkannya. Artinya, mereka akan menggunakan Internet, sedangkan tagihan dari akses tersebut akan dibayar oleh kita.
KEMUNCULAN INTERNET

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.


INTERNET SAAT INI

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.



BUDAYA INTERNET
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.
Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.
Tata tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette.
Isu moral dan undang-undang
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.
Akses Internet
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendah, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
Penggunaan Internet di tempat umum
Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.
Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.