Wednesday, December 2, 2009

BAB 3 Menggunakan E-mail untuk Komunikasi

A. Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (E-mail)

E-mail (Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan internet. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat. Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet.

Terdapat dua jenis e-mail, yaitu :

* E-mail berbaris web, pada e-mail jenis ini,seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail.
* E-mail berbaris client, dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

2. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari suatu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail dibuat dengan pengolah kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer.
Penggunaan e-mail memungkinkan data terkirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kita dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat kepada keluarga di luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, yaitu :

* Melalui penyedia e-mail gratis, hanya tinggal mengunjungi penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kita pun akan memiliki e-mail secara instan.
* Undangan dari teman, melalui undangan (invite) dari teman kita yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut.
* Dari Intenet Service Provider (ISP), ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet.
* Dari perusahaan, e-mail yang diperoleh dari perusahan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan dimana e-mail tersebut terdaftar.
* Memesan sendiri, cara ini hanya bertujuan untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat kita tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas diri, serta fasilitas yang ingin kita dapatkan dari e-mail tersebut. Untuk mendapatkannya kita harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server, setelah itu kita dapat menggunakan e-mail tersebut.

B. Mailbox (Fisik dan Logik)

Alat komunikasi melalui media elektronik mempunyai keunikan tersendiri, baik dari kecepatan transfer data maupun kemampuannya untuk melakukan broadcast. Surat merupakan alat komunikasi yang sudah lama kita kenal. Mengirim surat dengan menggunakan metode konvensional, akan menghasilkan sesuatu yang jelas dan isinya tidak harus selalu diklarifikasi. Sedangkan melalui e-mail sangat mudah digunakan. Pengguna e-mail memiliki kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mail server. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci (Password). Pesan yang diterima akan disimpan mailbox, selanjutnya pemilik mailbox dapat melakukan pengecekan isi, membaca, menjawab, menghapus, dan mengirim pesan (e-mail).

C. Adress dan Subjek E-mail

Terdapat berbagai macam penyedia layanan e-mail, diantaranya :

* Yahoo!, layanan dari Yahoo! yang beralamat di mail.yahoo.com
* Gmail, layanan dari Google yang beralamat di mail.gmail.com
* Hotmail, layanan dari Microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
* Plasa, layanan dari Telkom yang beralamat di www.plasa.com

Nama login atau alamat pada umumnya terdiri atas 2 bagian utama, yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana mailbox tersebut berada. Mailserver merupakan komputer tempat meletakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail dapat kita sebut sebagai client. Format penulisan alamat e-mail dituliskan sebagai berikut :

* namamailbox@namaserver

1. Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

* Klik start
* Klik browser website
* Buka situs Yahoo Mail di http://mail.yahoo.com, di kotak Address
* Klik Sign Up, lalu isi form pendaftaran
* Isikan Enter the code pada bagian Verify Your Regristration
* Baca ketentuan layanan disediakan oleh Yahoo Mail. Pada bagian Term of Service, klik I Agree
* Setelah aplikasi diterima, sebaiknya mencatat Yahoo ID dan e-mail yang ditampilkan Yahoo!,
kemudian klik Continue to Yahoo! Mail
* Setelah mengklik Continue to Yahoo! Mail, kita akan masuk ke Yahoo! Mail yang kita miliki. Kita akan mendapat inbox yang berisi ucapan selamat bergabung di Yahoo!
* Proses untuk menjadi anggota Yahoo! Mail telah selesai. Kita sudah memiliki e-mail di Yahoo!. Untuk keluar dari Yahoo!, klik sign out

2. Menggunakan Yahoo! Mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

* Klik start, pilih browser
* Buka situs Yahoo! di http://mail.yahoo.com, dengan cara mengetikan alamat tersebut di address. Isi Yahoo ID dan password, lalu sign in

D. Attachment File dalam E-mail

1. Mengirim E-mail

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

* Klik ikon Compose
* Akan muncul halaman Compose
* Pada kotak To, ketik alamat e-mail penerima, dan pada kotak subjek ketik perihal e-mail yang kita kirimkan
* Pada kotak CC (Carbon Copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail, alamat e-mail akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa yang menerima e-mail
* Pada kotak BCC (Blind Carbon Copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail, tetapi alamat e-mail tidak ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tidak tahu siapa yang menerima e-mail
* Ketik isi e-mail yang ingin kita kirimkan
* Klik Send, untuk mengirim e-mail
* Akan muncul konfirmasi pengiriman e-mail kita
* Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat (inbox)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment